Home » » Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Jantung merupakan inti dari kehidupan. Hal ini bertanggung jawab untuk sirkulasi bahan dibutuhkan seluruh tubuh melalui darah. Ketika jantung memompa darah, cairan membawa oksigen dan nutrisi yang menopang semua bagiJantung merupakan inti dari kehidupan. 

Hal ini bertanggung jawab untuk sirkulasi bahan dibutuhkan seluruh tubuh melalui darah. Ketika jantung memompa darah, cairan membawa oksigen dan nutrisi yang menopang semua bagian tubuh lainnya. Fungsi jantung yang tepat sangat penting untuk kesehatan jangka panjangan tubuh lainnya.

Nah, untuk itu harus menjaga kesehat jantung kita, cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan makan-makanan yang sehat. Kita juga perlu untuk berolahraga, menghindari kebiasaan buruk seperti mer*kok, mengontrol stres, dan mengkonsumsi berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung . 

Makan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, yang biasanya berakhir dengan penyakit jantung. Lalu, makanan-makanan apa saja yang baik untuk kesehatan jantung ?
makan sehat untuk jantung

Berikut ini beberapa makanan untuk jantung agar sehat : 

1. Ikan laut 

Kebanyakan ikan laut mengandung vitamin B6, B12, yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan serotonin. Hormon ini penting bagi tubuh kita untuk memperoleh perasaan rileks dan bahagia. Ikan laut juga paling banyak mengandung asam lemak omega – 3,  yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Ikan salmon merupakan jenis ikan terbaik yang kaya akan protein dan asam lemak omega – 3 yang baik untuk jantung. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan dua kali dalam seminggu, untuk mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. 

2. Almond 

Kacang Almond mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zinc, yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda sehat. Mengkonsumsi almond sebanyak 1/4 cangkir sehari jauh lebih sehat daripada makan sekantung camilan keripik berminyak. Almond bisa digabungkan dengan oatmeal untuk sarapan Anda . 

3. Asparagus 

Sayuran yang mulai populer ini kaya akan kandungan asam folat, vitamin C dan vitamin D , yang akan mencegah peradangan jantung. Asparagus juga rendah kalori, yang bisa diolah dengan cara direbus dan kemudian diberikan tambahan sedikit minyak zaitun. 

4. Kacang merah 

Kacang-kacangan pada umumnya banyak mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menambahkan 15 gram kacang-kacangan kedalam masakan sayur Anda akan membantu melawan kolesterol jahat demi kesehatan jantung Anda. Anda bisa membuat sup kacang yang dicampur dengan tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.

5. Blueberry

Hampir semua jenis buah segar baik bagi kesehatan jantung Anda, namun blueberry adalah pilihan buah yang terbaik. Blueberry yang berwarna biru dan ungu kaya akan zat antioksidan dan vitamin C serta rendah kalori, sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. 

6. Brokoli 

Brokoli adalah sayuran yang mengisi daftar teratas sayuran terbaik didunia. Brokoli mengandung vitamin B dan asam folat, yang bermanfaat untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu masih banyak nutrisi lainnya yang juga baik bagi kesehatan jantung Anda jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dimasak dengan cara dikukus atau direbus dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

7. Dark chocolate

Dark chocolate adalah jenis produk cokelat dengan kadar kakao kurang lebih 75 %, yang dapat mengurangi stres dan baik untuk jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Scranton, Pennsylvania,  menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 ons dark chocolate dalam sehari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

8. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada adalah makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin C, yang baik bagi kesehatan tulang, gigi dan rambut. Selain itu juga mengandung vitamin A dan magnesium yang bisa menjaga mood yang baik. Semua nutrisi yang baik bagi kesehatan juga pasti akan baik bagi jantung Anda. Jangan memasak sayuran terlalu lama, karena Anda bisa kehilangan banyak nutrisi didalamnya. 

9. Daging Tanpa Lemak 

Daging pada umumnya bukan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Namun Anda masih bisa menikmati daging sapi tanpa lemak. Daging mengandung zat besi, zinc, vitamin B yang secara keseluruhan bisa membuat perasaan tenang. 4 atau 6 ons daging tanpa lemak tetap sehat untuk jantung Anda, dan paling baik disajikan dalam bentuk steak.

10. Ubi jalar 

Semua jenis sayuran selalu baik bagi kesehatan, termasuk ubi jalar yang manis. Ubi jalar mengandung betakaroten, antioksidan, vitamin, mineral yang akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Ubi jalar memiliki rasa yang lezat dan manis alami, dan anda bisa mengolahnya dengan hanya direbus.

11. Kenari 

Kenari adalah kacang yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Kenari mengandung alfa linolenik (merupakan bagian dari omega 3), yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. 

12. Gandum 

Semua jenis biji-bijian kaya akan serat, yang bisa membuat merasa kenyang lebih lama. Selain itu, biji-bijian akan menghasilkan serotonin – yang menimbulkan perasaan kita menjadi gembira. Mengkonsumsi setengah cangkir gandum dalam sehari juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Nah, itu dia makanan yang sehat untuk, untuk menjaga kesehatan jantung kita, semoga bermanfaat ya sob.



0 komentar:

Post a Comment

Tulis Pesan Disini,Gunakan Kata-kata Yang Bijak Dalam Berkomentar.