Home » » Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Buah naga adalah buah dari jenis kaktus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, namun sekarang juga marak dibudidayakan di Asia termasuk juga Indonesia karena khasiatnya yang luar biasa. Disebut buah naga karena tekstur kulitnya yang mirip seperti sisik naga yang besar. Orang Cina percaya, buah ini adalah buah yang membawa banyak berkah. Di Indonesia sendiri, saat ini buah naga dapat ditemukan dengan mudah baik di supermarket maupun pasar tradisional. Buah ini terdiri dari beberapa macam jenis dan warna, antara lain Buah Naga Merah, Buah Naga Putih, dan Buah Naga Kuning. Namun konon, yang paling banyak kandungan gizinya adalah buah naga merah.

manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Manfaat buah naga bagi kesehatan sangat perlu untuk anda ketahui. Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal buah naga sebagai campuran es buah atau jus. Memang, rasanya yang sedikit asam dipadu dengan rasa manis membuat buah ini sangat enak untuk langsung dikonsumsi atau digunakan sebagai jus maupun untuk campuran buah. Namun selain dari segi rasa, ternyata buah naga memiliki segudang khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.


Kandungan Buah Naga

Sebelum membahas manfaat buah naga bagi kesehatan, mari kita lihat kandungan gizi buah naga berikut ini:
Gizi, Jumlah/100 gram, % AKG harian, keterangan
Air, 87 g, NA, Sangat kaya akan air
Protein, 1.1 g, 2.1 %,
Lemak, 0.4 g, NA,Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat, 11.0 g, 3.4 %,
Serat, 3 g, 12 %,Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (tiamin), 0,04 mg, 2,7%,
Vitamin B2 (Riboflavin), 0,05 mg, 2,9%,
Vitamin B3 (Niacin), 0,16 mg, 0,8%,
Vitamin C (Ascorbic Acid), 20.5 mg,34.2 %, Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Kalsium (Ca), 8.5 mg, 0.9 %,
Besi (Fe), 1.9 mg, 10.6 %,Sumber besi yang cukup baik
Cukup banyak bukan?

Khasiat dan Manfaat Buah Naga Merah bagi Kesehatan

manfaaat buah naga merah untuk kesehatan\

Nah, setelah melihat kandungan gizi buah naga diatas, tentu sudah memberikan gambaran bahwa buah naga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini kami uraikan khasiat dan manfaat buah naga bagi kesehatan:
  • Mencegah Kanker

Kandungan buah naga sangat kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah naga berarti dapat meminimalkan resiko terkena kanker.
  • Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Tekanan darah tinggi dan serangan jantung merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Karena, kandungan buah naga memiliki sifat membersihkan bagian dalam organ tubuh manusia, dengan demikian mengkonsumsi buah naga akan dapat membantu menjaga jantung dan organ tubuh lainnya yang berhubungan dengan pembuluh darah.
  • Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Buah naga mengandung antioksidan yang jika dikonsumsi akan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh melalui hati.
  • Meningkatkan Sistem Imun

Selain membantu proses detoksifikasi seperti yang dijelaskan diatas, antioksidan dalam buah naga juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
  • Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang dalam proses diet, buah naga bisa jadi pilihan tepat untuk anda konsumsi. Buah ini memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori, yang tentu saja akan membantu mempercepat penurunan berat badan dengan cara sehat.
  • Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Kandungan tersebut juga terdapat dalam buah naga.
  • Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam buah naga dapat membantu anda mencegah penuaan dini. Bagi anda yang sering terpapar radikal bebas, antioksidan ini akan membantu menetralkannya sehingga terhindar dari penuaan dini.
  • Meringankan Gangguan Pernapasan

Beberapa gangguan pernapasan seperti batuk, pilek, dll. bisa jadi disebabkan karena infeksi. Vitamin C dalam buah naga akan membantu melawan infeksi tersebut dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mempercepat proses pengobatan.
  • Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah naga mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium inilah yang akan membantu menguatkan tulang dan gigi.
  • Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan lainnya dari buah naga adalah zat besi. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk membawa oksigen dalam darah dan diedarkan keseluruh tubuh. Nah, kandungan vitamin C dalam buah naga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.
  • Mencegah Diabetes

Buah naga merupakan salah satu makanan sehat bagi penderita diabetes karena kadar gula yang dikandung sangat sedikit. Kandungan buah ini juga mampu membunuh sel-sel jahat dalam tubuh sehingga mencegah penyakit diabetes mellitus.
  • Membantu Membersihkan Usus

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa buah ini memiliki sifat “membersihkan” organ dalam tubuh manusia.
  • Menjaga Kesehatan Otot

Khasiat luar biasa lainnya dari buah naga adalah menjaga kesehatan otot sehingga tidak mudah kram dan mencegah kelumpuhan otot.
  • Meningkatkan Produksi ASI

Bagi ibu menyusui, mengkonsumsi buah naga juga bermanfaat meningkatkan produksi ASI.
  • Mengobati Sariawan dan Bibir Pecah-pecah

Kandungan Vitamin C dalam buah naga akan sangat membantu bagi anda yang sedang menderita sariawan dan bibir pecah-pecah.
  • Menjaga Ion Tubuh

Kandungan air dalam buah naga dapat menggantikan ion tubuh yang hilang saat beraktifitas.
  • Menjaga Kelembaban Kulit

Selain menggantikan ion tubuh yang hilang, kandungan air dalam buah ini juga akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering.
  • Sebagai Pewarna Makanan Alami

Warna merah dari buah naga bisa anda gunakan sebagai pewarna makanan yang lebih sehat dibanding pewarna makanan kemasan.
  • Meningkatkan Stamina

  • Menjaga Kesehatan Syaraf

  • Mengobati Panas Dalam

  • Mencegah Peradangan

Mungkin hanya itu sedikit ulasan, berbagai macam khasiat dan manfaat buah naga bagi kesehatan. Selain yang tersebut diatas, tentunya masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah ini. Oleh karena itu, buah naga bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi setiap hari bagi keluarga anda. semoga bermanfaat ya sob,  semoga tetap sehat selalu yaah dan jangan lupa bahagia.

0 komentar:

Post a Comment

Tulis Pesan Disini,Gunakan Kata-kata Yang Bijak Dalam Berkomentar.